Minggu, 26 Juni 2016

"Maaf, Kamu terlalu Baik buat Aku"


Pernah nggak sih ada seseorang bilang ke kamu: "Maaf, kamu terlalu baik buat aku"? Yang mana seseorang itu adalah orang yang kamu taksir. Ciye. Kalau saya sih nggak pernah. Yang ada, malah saya yang bilang hahaha. Gak deng.

Well, beberapa teman saya pernah mengalaminya, baik cowok maupun cewek. Dan sedihnya, salah satu dari mereka mengatakan, "Jadi orang jangan baik baik amat, entar dibilang terlalu baik soalnya." dan dia jadi suka semena-mena dan super cuek haha ngeselin.

Seketika waktu itu saya jadi mikir, kalau gitu orang yang udah bilang "kamu terlalu baik buat aku" bisa membatasi orang untuk berbuat baik dong? Padahal seperti yang kita semua tau, kalimat itu hanyalah kata lain dari menolak, iya nggak sih?

Saya rasa, kita nggak perlu lah sampai membatasi diri untuk nggak jadi berbuat baik cuma gara-gara kita takut dibilang "terlalu baik". Lagipula, toh yang bilang "terlalu baik" itu dia hanya mencari-cari alasan buat menolak kan? Bukan untuk merasa tidak pantas dengan kita. Justru, orang kaya gitu yang nggak pantas diperjuangkan haha. Kita mau jadi orang baik kok malah tidak diterima dengan baik. Maka dari itu, menurut saya, jangan sampai lantas kita menolak untuk tetap berbuat baik kepada siapa pun. Karena toh bukannya harusnya kita berproses bareng-bareng? Menerima segala kekurangan dan kelebihan. Kalau dia sudah merasa "terganggu" karena sifat "terlalu baik" kita, dia mau jadi kita seperti apa? Yang jahat? Yang tidak peduli? Atau seperti apa? Mau tidak mengizinkan kita untuk menjadi orang yang baik?

Apa yang ingin saya katakan adalah jangan membatasi diri untuk selalu berbuat baik. Apalagi takut berbuat baik karena nggak mau dibilang "Kamu terlalu baik buat aku". Konyol sih. Mau baik mah baik aja. Orang yang tepat juga bakal datang kok cepat atau lambat. Dan, orang yang pantas kita perjuangkan adalah yang mengizinkan kita untuk tumbuh menjadi pribadi baik, bukan malah merasa tidak nyaman dengan kebaikan kita. Daripada kita pusing mempertahankan orang yang bilang, "Maaf, kamu terlalu baik buat aku," mending temukan orang yang bisa mengatakan, "Kamu terlalu baik, maka ajari aku untuk selalu mencoba berbuat kebaikan." Ciye.

0 komentar:

Posting Komentar